BERITA TEKNO | HARGA LAPTOP & HP

10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi : Akhir-akhi ini memang tidak sedikit orang Indonesia yang merubah mindset atau pola pikirnya yang tadinya berfokus kepada dunia kerja yang sekarang berpindah pada dunia pengusaha. Dengan banyaknya kisah sukses seseorang dari karier di dunia usaha tidak sedikit menjadikan inspirasi untuk banyak orang. Dengan artikel yang akan saya suguhkan ini sobat bisa mengetahui 10 Kisah Sukes Pengsuaha Asal Indonesia baik untuk skala menengah sampai besar, baik itu pengusaha muda ataupun tua, yang keseluruhannya diraih dengan cara yang tidak mudah dan penuh dengan jalan berliku yang mudah-mudahan bisa menjadi informasi yang inspiratif untuk sobat-sobat semua.

1. Bob Sadino
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Om Bob yang lahir di Lampung tepatnya pada 9 Maret 1939, yang mana sang mendiang merupakan seorang pengusaha sukses yang mempunyai nama lengkap Bambang Mustari Sadino merupakan seorang pengusaha sukses yang menempuh jalan karirnya dengan cara yang tidak mudah, jatuh bangunnya beliau hadapi dengan lapang dada dan besar hati. Sesudah menghabiskan waktu selama 9 tahun sebagai pegawai, mendian yang biasa disapa Om Bob ini mengambil keputusan untuk berhenti dari pekerjaannya dan merubah jalan hidupnya menjadi seorang pengusaha.


Jalan usaha yang pertama dicobanya yaitu usaha rental mobil, yang dengan hanya bermodalkan satu mobil berjenis Mercedes Benz dan Om Bob yang menjadi supirnya langsung, akan tetapi pada pertengahan jalan kejadian yang tidak diinginkan pun terjadi, yang mana musibah kecelakaan terjadi ketika Om Bob sedang mengemudikan mobilnya yang pada saat itu sedang disewakannya. Maka mau tidak mau bisnis rental mobilnya pun terhenti di pertengahan jalan. Pantang menyerah, itulah ungkapan yang pantas diberikan kepada mendiang Om Bob ini, akhirnya Om Bob pun memutuskan untuk menjadi buruh bangunan yang kala itu hanya dibayar dengan upah harian.

Ketika sedang menjadi pekerja bangunan harian tersebut, Om Bob melihat adanya peluang bisnis pada bidang lain yaitu bisnis telur ayam negeri dan ternak ayam negeri. Dari modal yang didapatkan dari hasil pinjaman tetangganya, tidak lama Om Bob pu menjalankan ide bisnisnya tersebut. Pada mulanya, beliau menawarkan sendiri produk jualannya door to door di area lingkungan dekat tempat tinggalnya daerah Kemang Jakarta Selatan. Produk jualannya beliau tawarkan khususnya kepada kalangan orang espatriat.

Nampaknya keputusan untuk berbisnis telur dan ayamnya pun terbilang mulus yang akhirnya ia pun memutuskan untuk mengekspansi bisnisnya dengan menjual sayuran hidroponik dan daging. Dari hasil kerja kerasnya yang pantang menyerah, akhirnya bisnisnya pun sangat sukses serta Om Bob pun memutuskan untuk membangun Khem Chicks, yang mana Khem Chicks merupakan nama supermarket terkenal yang mana didalamnya menjual beragam macam produk pertanian serta peternakan. Walaupun terbilang sudah menjadi seorang pengusaha sukses, mendiang Om Bob tetap tampil low profile, dan tidak jarang kalau mendiang Om Bob melayani sendiri customernya layaknya keluarga sendir.

2. Susi Pudjiastuti
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Wanita kelahiran tahun 1965 yang akhirnya sekarang sedang menjabat sebagai Mentri Kelautan dan Perikanan RI dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini tekenal dengan seorang pengusaha sangat sukses yang disiplin dan tegas. Sang ibu Menteri ini mendirikan bisnisnya pada bidang perikanan serta bisnis maskapai penerbangan yang ia dirikan dari titik nol.

Sesudah mengambil keputusan untuk berhenti mengemban pendidikan sebelum lulus SMA, sang ibu yang sekarang sedang menjadi menteri ini merintis usahanya pada sektor bed cover dan pakaian. Ketika itu ia melihat potensi yang ada di wilayah tempat tinggalnya, tepatnya di Pangandaran yang terkenal sebagai penghasil ikan, lalu ia pun tidak diam serta memutuskan untuk mengambil peluang bisnis ini dan akhirnya memutuskan untuk merubah bisnisnya pada dunia perikanan.

Kala itu dengan bermodalkan Rp. 750 Ribu yang ia dapatkan dari hasil menjual perhiasan yang dimilikinya, sang ibu menteri ini pun memutuskan untuk membeli ikan dari tempat pelanggannya dan mulai menjajakannya pada restoran-restoran. Walaupun kala itu sempat berjalan dengan kurang lancar, bisnis ikan Ibu Susi Pudjiastuti ini berhasil menguasai pasar Pelelangan Ikan yang ada di kota Pangandaran, tidak hanya itu, ia pun akhirnya mengekspansi bisnisnya pada ekspor ikan dan lobster.

Sedangkan untuk bisnis maskapai penerbangannya pun jalan awalnya dari bisnis ikan dan lobster ini. Yang mana ia memutuskan untuk membeli pesawat agar mudah untuk melakukan pengiriman ikan, karena kalau melalui jalur darat atau laut dirasa lebih membuang waktu banyak. Ia berhasil membeli sebuah pesawat hasi dari pinajaman bank untuk bisa mengirim produk ikan dan lobsternya, yang sekarang akhirnya berkembang pesat menjadi maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute untuk daerah pedalaman dan carter.

3. Sunny Kamengmau
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Apakah Sobat pernah mendengar tas tangan dengan brand Robita? Tas yang sangat terkenal dan populer di negara Jepang ini konon sudah menjadi idaman dikalangan sosialita negara itu. Dan orang yang berada dibalik terkenalnya tas tangan Robita itu ternyata Sunny Kamengmau, Yang mana Sunny Kamengmau merupakan orang asli Indonesia asal NTT (Nusa Tenggara Timur).

Tidak ada yang menyangka kalau pemuda asal NTT yang tidak pernah lulus sekolah SMA ini akhirnya bisa menjadi pengusaha sukses yang bisa memberikan inspirasi kepada siapapun yang mungkin sudah mengetahui kisah suksesnya. Pada awalnya ia memutuskan untuk berbisnis hanya dengan bermodalkan nekat. Sesudah ia meninggalkan kampung kelahirannya, dan ia pun memutuskan untuk merantau ke Bali, pada awalnya Sunnya Kamengmau ini bekerja sebagai tukang sapu pada sebuah hotel. Tidak lama kemudian ia pun diangkat menjadi seorang security lantaran ia mempunyai etos kerja yang baik, Pada waktu itu pun ia memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar bahasa Jepang dan Inggris.

Pada saat ia mendapatkan gaji pertamanya, uangnya ia sisakan untuk membeli kamus bahasa jepang dan inggris serta ia pun belajar dengan sangat tekun. Mungkin keberuntungan memang ada pada ia, karena hal ini dapat terbukti pada saat ia meniti karir di hotel itu. Lantaran dari jalan ia bekerja di hotel tersebut, ia pun bisa kenal dengan pengusaha asal Jepang yang kemudian pengusaha itu pun meminta ia untuk mensupply tas kulit ke negaranya yaitu Jepang. Walaupun sempat terseok-seok dalam waktu yang tidak sebentar, hingga ia pun hampir kehilangan dengan semua penjahit yang bekerja dengannya, akhirnya Sunny Kamengmau pun secara pelan namun pasti dapat bangkit serta bisnis tasnya pun kian berkembang bahkan ia kini mempunyai karyawan sebanyak 100 orang.

4. Reza Nurhilman
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Mungkin sobat kurang familiar dengan nama Reza Nurhilman, tapi apabila sobat mendengan kripik Maicih, mungkin sobat sudah sangat familiar bukan? Ya ia adalah pemuda yang berada dibalik suksesnya kripik setan Maicih. Bisnis sukses yang ia rintis berawal pada tahun 2010 hanya dengan seorang diri dikala itu usianya masih 23 tahun dengan modal awal yaitu 15 juta rupiah. Ia mengawali bisnisnya dengan menggandeng satu produsen kripik lokal asal Bandung.

Pada awalnya ia menjual produknya dengan cara online yaitu via twitter, sebelum pada akhirnya ia pun mengembangkan sayapnya dengan menerapkan sistem keagenan dengan menggunakan istilah Jenderal agar produknya dapat menggaet konsumen yang lebih luas. Dan para jenderal ini pun memasarkan produknya dengan cara nomaden atau berkeliling.

Anak muda asal kota Bandung ini memberikan salah satu kunci suksesnya yaitu pada cara berpikirnya yang berada diluar kotak atau Out Of The Box. Yang mana pola pikirnya ini memutuskan untuk tidak membuka banyak toko seperti apa yang dilakukan oleh banyak penjual sehingga memberikan kesan produknya terasa lebih ekslusif. Dan lewat Twitter para jenderal memberikan informasi untuk lokasi penjualan untuk tiap harinya. Dengan cara pemasaran yang terbilang unik ini akhirnya bisa menarik banyak perhatian orang Indonesia serta bisa memberikan nama besar kepada Maicih terutama di dunia Maya. Hanya dengan 6 bulan saja, Maicih bisa meraup omset sampai dengan Rp. 7 Miliar pada tiap bulannya. Luar biasa bukan omsetnya.

5. Nicholas Kurniawan
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Mungkin sobat belum begitu akrab mendengar Nicholas Kurniawan, tapi pemuda ini memang usianya masih sangat muda yaitu 20 tahun. Walaupun masih sangat belia, ia pun sudah bisa mendulang sukses dengan menjadi eksportir ikan hias yang paling muda asal Indonesia. Semua bisa terjadi yang pada awalnya karena keadaan keluarganya yang sedang jatuh hingga terlilit hutang. Akhrinya ia pun memutuskan dan bertekad untuk bisa merubah nasibnya.

Sebelum ia memutuskan untuk menjadi eksportir ikan hias, ia pun sudah mencoba beragam bisnis seperti makanan, asuransi, MLM, dan bisnis mainan. Perjalanan jatuh bangun yang ia rasakan ia hadapi dengan sabar dan iklhlas, bahkan kala itu ia sempat tidak naik kelas pada saat 2 SMA. Dan ia pun tidak putus asa, karena ia memutuskan dan bertekad untuk bangkit dengan memutuskan untuk berbisnis ikan hias yang ia pasarkan secara online yang kala itu ia lakukan melalui media online Kaskus. Walapun tidak sedikit pembeli yang menipunya, bisnis ikah hias yang ia tekuni sekarang sudah bisa menjangkau luar negeri dan dalam satu bulan omsetnya mencapai lebih dari Rp. 100 Juta.

6. Gibran Rakabuming Raka
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Mungkin tidak sedikit orang yang sudah mengenal Gibran Rakabuming Raka, anak dari Presiden Joko Widodo ini merupakan seorang pengusaha sukses yang bergerak pada bidang catering dan wedding organizer dengan nama Chili Pari.

Sebelum menjadi Walikota Solo, lanjut menjadi Gubernur DKI Jakarta yang pada akhirnya menjadi seorang Presiden RI, Ayah dari Gibran Rakabuming Raka ini merupakan seorang pengusaha mebel. Akan tetapi Gibran lebih memilih untuk menjadi pengusaha yang ia rintis sendiri tanpa campur tangan sang Ayah. Pada awal usaha ia mendapatkan modar dari hasil pinjaman Bank.

Walaupun sempat ditolak pihak Bank beberapa kali, akhirnya ia pun mendapatkan persetujuan pinjaman dari salah satu Bank, akhirnya dari hasil pinjaman itu ia pun mendirikan sebuah usaha yang ia namakan Chili Pari, yang kini usahanya sudah banyak mengurusi pesanan besar dengan jumlah tamu sampai ribuan orang dan kini usaha yang ia pun semakin berkembang pesat.

7. Hamzah Izzulhaq
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Anak muda yang lahir di tahun 1993 ini sudah bisa membuktikan sebagai seorang pengusaha sukses. Dari kecil ia memang sudah mempunyai bakat berbisnis, yaitu dengan cara berjualan petasan, kelereng sampai koran. Dan ia pun pernah mengenyam profesi sebagai tukang ojek payung dan tukang parkir.

Ketika sedang ikut dalam acara seminar bisnis pelajar ketika ia masih duduk di bangku SMA, ia pun ditawari bisnis waralaba bimbingan belajar dari seorang pemuda yang sama-sama masih muda tapi sudah mempunyai bimbingan belajar sebanyak 44 tempat.

Diawali modal Rp. 5 Juta serta pinjaman Rp. 70 Juta yang ia dapatkan dari sang ayah, ia pun memutuskan untuk membeli salah satu cabang yang secara kebetulan ditawarkan kepadanya dengan harga Rp. 175 juta. Sedangkan sisanya ia bayar dengan cara dicicil dari keuntungan yang ia dapatkan pada tiap semesternya.

Dan kini usaha yang ia kelola semakin berkembang, sedangkan sekarang ia sudah mendapatkan 3 lisensi waralaba bimbingan belajar dengan jumlah siswa diatas 200 orang untuk tiap semester. Pada akhir tahun 2011, bisnis yang ia kelola sudah secara resmi mempunyai badan hukum dengan nama CV. Hamasa Indonesia. Dan anak muda ini menjabat sebagai direktur utamanya.

8. Yasa Singgih
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Anak muda yang lahir dari keluarga yang terbilang biasa saja, pemuda kelahiran 1995 ini memutuskan untuk memilih jalan pada dunia usaha sejak usia yang masih sangat muda. Dari umur 15 tahun, ketika sang ayah mengalami serangan jantung dan harus dioperasi, ia pun memutuskan untuk mencari uang sendiri dengan menjadi profesi sebagai pembawa acara pada acara musik dan ulang tahun.

Tidak hanya itu, masih pada usia yang sama, ia mencoba bisnis lain dengan cara menjual lampu hias secara online, tapi bisnisnya ini tidaklah terlalu lama karena terjadi masalah pada supplyer. Kemudian setahun kemudian tepatnya pada saat ia berumur 16 tahun, ia pun berpindah pada bisnis mode.

Pernah diremehkan orang dan jatuh bangun, sampai dengan rugi dengan angka yang cukup fantastis yaitu ratusan juta rupiah, namun pada akhirnya ia pun sukses membangun bisnis fashion brand nya sendiri dengan nama Mens Republic. Disamping itu, ia pun mengelola bisnis konsultasi manajemen yang ia beri nama MS Consulting serta komplek perumahan dalam bentuk kavling yang mempunyai lokasi di Bogor.

9. Putri Tanjung
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Sepertinya ungkapan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya memang ada benarnya, anak perempuan dari Chairul Tanjung ini menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia yang mana ia pun menekuni bisnis yang tidak jauh berbeda dengan sang ayah. Walaupun umurnya masih terbilang sangat muda, putir dari Chairul Tanjung ini sudah memulai bisnis jasa event organizernya. Penolakan dari banyak sponsor pun tidak sedikit ia rasakan, akan tetapi sang Putri Tanjung ini pantang menyerah dan terus berjuang. Dari kerja keras serta kegigihannya, kini ia sudah merasakan hasil dari usahanya, yang mana ia sudah mempunyai banyak pelanggan serta sudah beromsetkan ratusan juta rupiah.

10. Atina Maulina
10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Untuk anda yang sekarang sudah berhijab, mungkin rasanya terdengar tidak asing bila mendengar Vanilla Hijab. Yang mana founder dari Vanilla Hijab yaitu Atina Maulina, dengan peran bantuan dari sang kakak, Atina memulai dan merintis bisnis hijabnya sendiri. Sedangkan untuk pemasarannya, ia memasarkan produknya melalui foto dan ia posting via instagram. Dengan kerja keras dan kegigihannya, akhirnya sekarang ia sudah bisa menikmati omzet sampai dengan ratusan juta. Dan Vanilla Hijab pun pernah menjual produk hijabnya sebanyak ribuan hanya dengan hitungan menit. Lantaran produk hijab yang ia tawarkan tidak sedikit peminatnya.

Setelah membaca informasi ini bagaimana kiranya ? Tentu anda terinspirasi bukan? Tidak sedikit memang orang yang berkata tidak semua orang berbakat untuk menjadi seorang pengusaha, akan tetapi setelah mengetahui cerita yang inspiratif diatas, bisa kita simpulkan bahwa kesuksesan didapatkan dari hasil kegigihan serta kerja keras, dan bukan dari hasil bakat.

Mudah-mudahan informasi seputar 10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi ini bisa menjadi informasi inspiratif yang bisa menambah semangat juang hidup Anda-anda sekalian, Semoga kita pun bisa menjadi pengusaha sukses seperti mereka. Terima kasih dan Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kisah Sukses Pengusaha Asal Indonesia Yang Bisa Menjadi Inspirasi"

Post a Comment