BERITA TEKNO | HARGA LAPTOP & HP

Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya

Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya (www.infocarihape.com) : Belum lama ini saya melihat di televisi nasional membahas tentang bangkrutnya produsen smartphone yang paling ternama yaitu Blackberry. Kabarny Blackberry mamang tengah menghadapi keterpurukn yang amat besar. Karena keterpurukan inilah sehingga Blackberry mengambil keputusan yang sangat mengejutkan yaitu memutuskan untuk menjual perusahaanny ini yang sudah eksis cukup lama sekali terutama pada pasar ponsel Indonesia. Ya memang jika kita mengingat masa dulu, betapa sangat populernya yang namanya Blackberry, sehingga dulu jika orang sudah menggunakan Blackberry merupakan orang yang memiliki reputasi serta karier yang cukup baik serta terpandang. Blackberry merupakan perusahaan smarphone yang dulunya berdiri dibawah naungan RIM.

Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya

Seiring dengan waktu yang terus berjalan terutama di tahun 2016 ini popularitas dari Blackberry semakin menurun, kalah dengan platform lain seperti iOS dan Android. Karenan OS Android serta iOS lebih bisa menawarkan operating sistem yang lebih berwarna, interaktif serta memiliki sektor keamanan yang sama baiknya. Salah satu faktor tersebutlah yang menjadikan Blackberry merubah strateginya dan mengembangkan sistem operasi BlackBerry 10 dibawah pimpinan Thorsten Heins.

Produsen smartphone asal Kanada ini sebenarnya sangat berharap sekali pada OS Blackberry 10 nya yang akan mampu mengangkat Blackberry dari keterpurukan. Alhasil, OS Blacberry 10 pun belum bisa memberikan kontribusi yang luar biasa dan Blackberry pun tetap berada pada keterpurukan. Belum lama ini Blackberry telah mengambil keputusan lain atau mencari alternatif lain guna dapat menyelamatkan perusahaan ini dari badai yang begitu tebal. Sebenarnya apa sih yang membuata Blackberry bisa menjadi terpuruk seperti sekarang ini? 5 alasan inilah sebab dari bangkrutnya Blackberry yang merupakan produsen smartphone asal negara Kanada ini.

1. Tertundanya Peluncuran Blackberry 10
Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya

Kalau saja Blackberry 10 ini bisa diluncurkan lebih awal, mungkin Blackberry tidak seterpuruk seperti sekarang ini, karena Blackberry 10 ini merupakan smartphone yang cukup laris di pasaran, akan tetapi semua itu tidak dapat merubah sisi financial Blackberry. Karena keterlambatan inilah yang menjadi salah satu penyebab Blackberry begitu terpuruk seperti sekarang ini sehingga Blackberry diselip oleh kompetitor smartphone lainnya seperti Samsung dengan Androidnya dan Apple dengan iOS nya.



2. Aplikasi Blackberry 10 Sedikit


Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya

Smartphone Blackberry ini sebenarnya memiliki spesifikasi hardware yang begitu gahar dan tangguh, akan tetapi mengapa Blackberry 10 kurang begitu diminati salah satu faktor penyebabnya yaitu karena aplikasinya yang terbilang sedikit. Ketika pertama di releasenya Blackberry 10 ini belum dilengkapi dengan apliksi sosial media yang sudah booming seperti Path, Instagram atau Google Maps. Inilah yang merupakan penyebab dari Smartphone BB ini kurang begitu diminati oleh orang banyak.

3. Spesifikasi Hardware 


Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya

Jika dirata-ratakan dari semua produk smartphone Blackberry yang ada, Blackberry ini sebenarnya memiliki spesifikasi hardware yang tidak begitu berbeda jauh untuk tiap seri nya. Contohnya saja, seperti Storm, Bellagio, Q5, Q10 dan z10. Diantara tipe Blackberry tersebut produk yang paling laris dipasaran yaitu seri Q5, Q10 serta Z10 karena memang sudah dipasangkan spesifikasi hardware yang begitu tangguh dan keren, dengan spesifikasinya tersebut akan tetapi kiranya kurang sebanding dengan harga jual yang dibandrolnya. Walaupun dari ketiga Blackberry terlihat sangat menjanjikan akan tetapi penjualan dari seri Blackberry ini yaitu Q5, Q10 dan z10 tidaklah terlalu signifikan dan diluar ekspektasi dari pihak Blackberry sendiri, bahkan penjualannya kalah dengan produk Nokia Lumia yang menggunakan platform Windows Phone 8.

4. PlayBook Blackberry


Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya

Ini pun salah satu kesalan dari Blackberry, karena Blackberry mencoba mengeluarkan inovasi baru nya dengan memperkenalkan tablet Playbook Blackberry. Sebenarnya tablet buatan Blackberry ini memiliki spesifikasi hardware yang begitu tangguh dan menawan serta dipasangkan pula sistem operasi (OS) yang begitu bagus. Akan tetapi produk tablet ciptaan Blackberry ini dibandrol dengan harga yang terlalu tinggi, dan yang parahnya belum dilengkapi dengan feature email didalam OS tabletnya ini.

Baca Juga : Harga HP Oppo Joy Plus Tahun 2016 Lengkap Dengan Spesifikasi

Playbook Blackberry ini pun akhirnya menglami keterpurukan, berbagai cara sudah dilakukan guna bisa menyelamatkan produk ini seperti dilakukan diskon besar-besaran, tapi sangat disayangkan strategi seperti ini pun tidak sukses. Bahkan sebelumnya Blackberry sudah merencanakan untuk melakukan upgrade OS pada Playbooknya ini, akhirnya niat itu pun dibatalkan karena belum sesuai dengan spesifikasi hardware yang dikenakannya.

5. Blackberry Enterprise Server Express


Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya

Market Enterprise dulu memang pernah kagum serta memuja-muja Blackberry. Sampai-sampai Blackberry ini pun digunakan oleh instansi pemerintahan. Akhirnya seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, semuany berpindah pada pilihan lain, contohnya saja untuk perusahaan sudah banyak yang memilih produk Iphone karena Iphone mampu memberikan performa bisnis yang begitu baik dan sekaligus mampu menyguhkan feature entertainment yang merupakan salah satu feature yang tidak dipunyai oleh Blackberry.

Sudah banyak orang menyimpulkan bahwa Blackberry sangat membosankan, ketika Android atau Iphone diperkenalkan, sebenarnya Blackberry pun selalu berusaha agar bisa mengikuti dari kedua platform tersebut, akan tetapi Blackberry tidak bisa melakukan penyesuaian sesuai dengan keinginan pasar. Dan akhirnya Blackberry tidak bisa memperkenalkan feature-feture terupdatenya bahkan yang parahnya lagi aplikasi BBM nya malah disebar luaskan agar bisa digunakan pada banyak platform yang ada sekarang ini.

Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya

Dan hasil akhirnya pun Blackberry jatuh serta membuat keputusan yang begitu krusial. Kegagalan serta keterpurukan ini hanya bisa ditelan pasrah. Lalu setelah kita mengetahui nasib yang begitu terpuruk pada Blackberry ini, siapakah yang akan menjadi pengganti dari Blackberry ini? yang dulu sempat memiliki nama yang sangat populer di jagat dunia ini? kita tunggu bersma saja ya.

Demikianlah informasi singkat tentang penyebab dari kebangkrutan dari Blackberry, mudah-mudahan bisa menjadi pembelajaran khusus untuk saya sebagai penulis dan umum untuk pembaca setia dari situs infocarihape.com ini. Bahwa perusahaan sebesar Blackberry pun yang sudah cukup lama berjaya di dunia ini bisa jatuh, jadi alangkah baiknyaa jika setiap permasalahan yang kita hadapi jangan disikapi dengan rasa kecil hati atau berputus asa, karena yang namanya hidup pasti ada masalah, besar kecilnya masalah tergantung bagaimana cara kita melihat atau memandangnya. Terima kasih dan Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Blackberry Bangkrut? 5 Faktor Inilah Penyebabnya"

Post a Comment